oleh

Mappi dan Boven Digoel Belum Ada BPBD

JAYAPURA- Dua Kabupaten di selatan Papua yakni Kabupaten Mappi dan Boven Digoel hingga kini belum membentuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Diharapkan pemerintah setempat dapat segera membentuk badan ini karena keberadaanya sangat penting.
Kepala BPBD Provinsi Papua Willem Robert Winderi di sela-sela Workshop Pengurangan Risiko Bencana Pada Lingkungan Kerja, Selasa (5/09/2017) di Jayapura mengatakan dari 29 kabupaten/kota di wilayah Papua, tercatat 26 kabupaten sudah membentuk instansi terkait dan dalam waktu dekat Kabupaten Nduga akan diresmikan.
Menurut Welliam, pihaknya sudah mendorong Sekda Provinsi Papua untuk segera menyurati dua kabupaten itu. “Karena itu, kita harap dua kabupaten ini memiliki komitmen yang kuat supaya bisa membentuk. Sebab kita tidak pernah tahu kapan bencana akan terjadi,” terang dia.
Dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana, jelas menyatakan setiap daerah harus membentuk BPBD sehingga harus diterjemahkan ketentuan tersebut.
Willem mengatakan tidak ada orang yang tahu kapan terjadi bencana, sehingga kesiapsiagaan personil BPBD sangat dperlukan dan tentunya harus ada wadah yang mengelolannya.”Pimpina dan kepala daerah harus paham bahwa harus ada badan untuk menangani bencana karena kita tau kapan bencana terjadi,”ujarnya.

Editor: LEPIANUS KOGOYA

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed