oleh

Pengusaha Harus Diberi Stimulus

JAYAPURA- Bupati dan Walikota di Tanah Papua diminta untuk memberikan stimulus berupa modal usaha guna mendukung pekerjaan yang digelutinya para pengusaha asli Papua. “Saya imbau seluruh kabupaten dan kota memberikan perhatian dalam bentuk rangsangan (stimulus) bagi pengusaha asli Papua,”demikian ungkap Gubernur Papua Lukas Enembe,S.IP,MH di Jayapura.
Gubernur mengatakan Papua memiliki potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang sangat besar. Sayangnya sebagian besar kekayaan alam Papua itu dinikmati bukan oleh orang asli. Oleh karenanya, Enembe mendorong pengusaha Orang Asli Papua (OAP) untuk meningkatkan kualitas kerjanya sehingga bisa menjadi pengusaha sukses, mandiri serta mampu mengelola kekayaan alam Bumi Cenderawasih dengan baik.
Gubernur bercerita sejak tahun 1969 hingga saat ini, belum ada seorang pengusaha asli Papua yang sukses dan mendunia. Padahal, kekayaan tanah Papua begitu melimpah. “Orang-orang dari provinsi lain luar biasa menuai keberhasilan di tanah ini. Namun sebaliknya, sepanjang 53 tahun orang asli Papua tak berhasil mengelola kekayaannya sendiri. Pada akhirnya kita miskin diatas tanah sendiri,”
Gubernur mengatakan Papua memiliki potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang sangat besar. Sayangnya sebagian besar kekayaan alam Papua itu dinikmati bukan oleh orang asli.
Sementara itu, Wakil Gubernur (Wagub) Papua, Klemen Tinal,SE,MM meminta rakyat Papua patut mensyukuri Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 72. Oleh karena itu, diusia kemerdekaan HUT RI, Orang Asli Papua (OAP) patut memiliki daya saing di semua bidang.
Tinal mengatakan seiring dengan penguasaan ilmu pengetahuan dan daya saing, OAP akan lebih banyak lagi berkarya di bidang usaha kecil menengah, infrastruktur maupun lainnya.“Di 72 tahun ini kemerdekaan Indonesia, orang Papua harus berubah dan wajib punya daya saing dengan saudara kita dari provinsi lainnya”.

Editor: LEPIANUS KOGOYA

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed