oleh

Disdik Siapkan Pelajar Ikut Olimpiade

JAYAPURA- Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Papua saat ini sedang mempersiapkan pelajar untuk mengikuti Olimpiade Olahraga Siswa Nasiona yang dijadwalkan akan digelar Medan, Sumatera Utara (Sumut) pada tanggal 3-7 September mendatang dan lomba Festival Lomba Seni Siswa Nasional, dilangsukan di Surabaya, Jawa Timur pada 23-27 September.
Demikian disampaikan Kepala Bidang Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus (PK-PLK) Dinas Pendidikan Provinsi Papua, Laurens Wantik, SPd, MPd kepada pers di Jayapura.
Wantik berharap seluruh siswa dan siswi yang dikirim oleh Pemerintah Provinsi Papua, dapat mengharumkan nama baik daerah serta mengukir prestasi di ajang nasiona tahunan itu.
Dia juga meminta pemerintah kabupaten rutin mengganggarkan dana kejuaraan tingkat sekolah yang saat ini dipertandingkan hingga ke tingkat nasional dan dunia. Menurutnya, banyak siswa dan siswi asli Bumi Cenderawasih yang memiliki tingkat intelegensi tinggi namun mendapat kesempatan. “Contohnya untuk Olimpade Sains Nasional tingkat Provinsi Papua yang hanya dihadiri perwakilan 19 kabupaten dan kota. Kemudian Olimpiade Olahraga Siswa Nasional yang dihadiri 13 kabupaten dan kota. Lanjut lagi untuk Festival Lomba Seni Siswa Nasional yang diikuti sembilan kabupaten dan kota”.
Menurut dia, beberapa waktu lalu sekitar 15 anak Papua pernah dipersiapkan mengikuti olimpiade internasional matematika tingkat SD. Mereka berasal dari daerah terpencil, namun dianggap memiliki kemampuan dan cerdas .
Mereka dinilai baik dalam berhitung pecahan, perkalian, pembagian dan penjumlahan. Oleh karena itu, potensi ini harus tangkap oleh Pemda kabupaten. “Sehingga seluruh kabupaten di masa mendatang, dapat ikut pada setiap ajang lomba sekolah. Sebab anak-anak kita tak kalah jauh tingkat intelegensi dengan dari wilayah lain di Indonesia,” kata dia.
Editor: LEPIANUS KOGOYA

Komentar

News Feed