oleh

Pramuka Papua Promosikan Noken di Raimuna

JAYAPURA-Wakil Gubernur (Wagub) Papua, Klemen Tinal,SE,MM meminta anggota Pramuka Papua yang akan mengikuti Raimuna Nasional (Rainas) XI 2017 di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur pada 13-21 Agustus 2017 untuk mempromosikan Noken dan Batik Papua. “Makanya kita membekali para pelopor perdamaian (Pramuka) yang akan berangkat mengikuti Raimuna dengan sebuah Noken dan syal batik Papua untuk dipromosikandi Raimuna,”kata Wagub.
Noken sebagai identitas budaya Papua, kata Wagub, harus menjadi kebanggan kita anak-anak Papua. Sebab Noken merupakan simbol perdamaian, kasih sayang dan persatuan. Noken merupakan simbol budaya Papua yang harus dipromosikan secara luas. “Makanya saya sangat senang melihat ada orang Papua memakai Noken. Saya mengapresiasi dengan memberi syal motif Papua. Dengan demikian saya harap kedepan tanpa di motivasi orang Papua bangga mengenakan noken,” harapnya.
Promosi Noken dan Batik Papua gencar dilakukan Wagub Papua beberapa bulan belakangan ini. Selain membagi langsung syal Batik Papua ke sejumlah komponen masyarakat, Wagub juga mendorong lembaga pendidikan di Bumi Cenderawasih untuk memasukan Noken sebagai salah satu mata pelajaran ekstra kurikuler.
Hal itu bertujuan, agar noken yang kini menjadi salah satu warisan budaya dunia asal Papua, lebih dicintai para kawula muda dan mampu dilestarikan hingga di masa mendatang.
“Saya harap anak-anak sekolah mulai diajar cara bikin noken. Makanya ini harus kita dorong di sekolah jadi saah satu kegiatan ekstra kurikuler.Dengan demikian, -anak kita akan bangga pakai Noken.”
Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Provinsi Papua mengirimkan 248 pramuka dari 21 Kwartir Cabang (Kwarcab) untuk mengikuti kegiatan Raimuna Nasional (Rainas) 2017 di Cibubur. Kontingen Papua dijadwalkan berangkat pada 6 Agustus 2017 mendatang untuk melakukan gladi latihan di Cibubur Jakarta. Rainas akan berlangsungdi Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur.

Editor: LEPIANUS KOGOYA

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed