oleh

Pemprov Anggarkan Dana Rp97 M Bangun191 Unit RSS

JAYAPURA- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua melalui Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan menargetkan pembangunan 191 unit Rumah Sehat Sederhana (RSS), bakal rampung pada November mendatang.
Hal demikian sebagaimana dikemukakan Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Provinsi Papua Daud Ngabalin, di Jayapura, di Jayapura.
“Pembangunan 191 unit rumah ini ditargetkan akan selesai pada November 2017 mendatang. Intnya untuk wilayah pegunungan ditargetkan akan selesai paling lambat lima bulan saat dibangun, sedangkan di pesisir atau pantai akan selesai dalam tiga sampai empat bulan,” tuturnya.
Ia mengatakan, pembangunan 191 unit rumah ini terbagi dalam 60 paket kegiatan dengan nominal keseluruhan mencapai Rp97 miliar. Sementara dari 60 paket tersebut, 30 diantaranya dialokasikan untuk pekerjaan konstruksi sementara sisanya untuk pengawasan.
Menurut Daud, pembangunan 191 rumah sehat sederhana tersebut disesuaikan dengan harga dasar dari tahun sebelumnya (2016). Dimana masing-masing wilayah, baik pegunungan maupun pesisir terdapat perbedaan harga dasar.
“Sebab pembangunan rumah di wilayah pegunungan tentu memiliki kesulitan lebih tinggi ketimbang pesisir. Sehingga nilai dasar pembangunan rumah di pegunungan akan lebih besar daripada pesisir,” tutur dia.
Ia menambahkan, pembangunan rumah sehat sederhana tersebut akan dibiayai dari APBD provinsi Papua, dimana pihaknya sudah memasukan rencana umum pengadaannya dari Biro Pengadaan Barang dan Jasa setempat.
“Sebab 60 paket ini seluruhnya tidak ada penunjukkan. Seluruhnya akan dilelang sesuai dengan aturan perundang-undangan dalam Biro Pengadaan Barang dan Jasa,” ungkapnya.
Pewarta: Erwin S
Editor : Hans Bisai

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed