oleh

Bupati Mimika Anggarkan Dana Rp200 M

JAYAPURA- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika menganggarkan dana sebesar Rp200 milliar untuk mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 di Provinsi Papua.

Hal itu dikatakan Bupati Mimika Eltinus Omaleng, SE, MH disela-sela acara buka bersama dengan tokoh agama dan insan pers, di Gedung Negara Jayapura.

“Kami sudah siap laksanakan PON. Dan kami sudah anggarkan dana sebesar Rp200 milliar untuk mensukseskan penyelenggaraan PON di Mimika,”kata Omaleng menginteraksi penjelasan Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Kadisorda) Provinsi Papua, Dr. Yusuf Yambe Yabdi,ST,MT tentang persiapan PON Papua.

Menurut Bupati, Kabupaten Mimika siap menyukseskan penyelenggaraan pertandingan PON diantaranya Cabang Olahraga (Cabor) Atletik, Akuatik, Skuash, Bola Voli Pantai dan Sepak Bola. “Selain atletik, bola voli, kami juga minta untuk sepakbola dilaksanakan di Mimika. Dan untuk itu kami sudah anggarkan dana tahun ini untuk membangun lapangan sepak bola,”katanya.

Sementara itu, Kadisorda Provinsi Papua, Dr. Yusuf Yambe Yabdi,ST,MT dalam penjelasannya mengatakan bahwa untuk menyukseskan penyelenggaraan PON 2020, maka pihaknya saat ini berkonsentrasi menyiapkan venue-venue PON. Salah satunya, pembangunan stadion utama Papua Bangkit yang akan digunakan untuk pembukaan dan penutupan PON.

Kadisorda memperkirakan pembangunan stadion tersebut akan rampung tepat waktu. Diharapkan pada akhir bulan Desember tahun 2018, stadion sudah didirikan. “Kami laporkan kepada bapak gubernur bahwa dari hasil kunjungan ke Inggris dan Spanyol, pembangunan stadion diharapkan dapat dilaksanakan tepat waktu,”

Yambe Yabdi juga menjelaskan bahwa khusus Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura telah diidentifikasi sejumlah tempat yang akan digunakan untuk pelaksanaan pertandingan PON. “Selain tempat-tempat yang sudah ada seperti GOR Cenderawasih, GOR Waringin, Lapangan Uncen dan sebagainya. Juga ada beberapa tempat yang akan digunakan seperti Gedung olahraga SGO di Paldam,”katanya.

Mengenai permintaan Bupati Mimika agar babak penyisihan sepakbola dilaksanakan di Mimika, Kadisorda menyepakati hal itu. Dia mengatakan untuk penyisihan sepakbola direncanakan akan berlangsung di Serui, Wamena, dan Mimika sedangkan babak semifinal dan final akan berlangsung di Stadion Bas Youwe dan Stadion Mandala.***(PT/RED/01)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed