oleh

Stok Bawang Putih Kosong

JAYAPURA- Dinas Perindustrian dan Perdagangan Papua mengkonfirmasi akibat panen yang terganggu, stok bawang putih di Kota Jayapura dan sekitarnya sampai saat ini masih kosong.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Papua Max Olua, di Jayapura, Jumat (2/6) mengatakan kekosongan bawang putih dikarenakan penimbunan oleh pedagang nakal. Sebab kejadian ini turut dialami sejumlah provinsi, diantaranya Sulawesi Selatan.

“Bahkan sebelum stoknya benar-benar habis harga jual bawang putih sempat meroket hingga menembus angka Rp100.000 per kilogram. Sehingga saya pastikan kekosongan stok bawang putih ini murni akibat panen terganggu. Belum lagi karena cuaca yang ekstrim sehingga petani bawang putih tak bisa memanen dengan tepat waktu,” kata dia.

Menurut Kepala Dinas, masalah ini sudah dikoordinasikan dengan Bulog Papua selaku pihak yang berwenang. Pihak Bulog pun memberi kepastian akan mendatangkan sebanyak 11 ton ke Papua,

untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang dalam waktu dekat akan ber-Lebaran.

“Yang jelas masyarakat tidak usah kuatir dengan kekosongan ini. Sebab paling lambat pekan depan kelangkaan ini sudah bisa diatasi dimana, pihak Bulog sudah pastikan akan pasok kembali dan diperkirakan minggu ini atau minggu depan segera masuk 11 ton”. “Kita harap dengan masuknya 11 ton bawang putih ini, bisa stabilkan harga di pasaran sehingga masyarakat tidak tertekan, khususnya mereka yang akan merayakan hari raya Lebaran,” bebernya.

Sementara ditanya untuk bahan pokok lainnya, Mas mengatakan, dari hasil peninjauan di pasar-pasar pekan kemarin, sebagian besar stok tersedia dan dijual dengan harga yang normal.“Kalau untuk stok bahan pokok yang lain seperti beras, daging, dan lainnya itu masih tersedia dipasar. Sehingga masyarakat saya imbau untuk tidak perlu kuatir dengan hal itu. Apalagi kami cekharga jualnya masih normal. Sehingga sekali lagi kita imbau untuk tak kuatir,” tutup dia.***(PT/RED/05)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed